Analisis Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang (Studi Kasus pada Dinas Tenaga Kerja)
Abstract
Kinerja pegawai dan kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam suatu instansi pemerintahan maupun swasta. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dan kualitas pelayanan pada kantor dinas tenaga kerja kabupaten malang apakah sudah sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) sehingga pegawai dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan peraturan yang telah dibuat. Untuk mengetahuinya digunakan jenis penelitian deskriptif - kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam artikel ini menunjukan bahwa Kinerja Pegawai dan Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang sudah baik, hal ini dibuktikan dengan adanya survei kepuasan masyarakat pada tahun 2021 serta wawancara dengan masyarakat. Selain itu, kinerja pegawai pada kantor dinas tenaga kerja kabupaten Malang juga dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu: (1) Kualitas atau mutu, (2) Kuantitas atau jumlah, (3) Ketepatan waktu, (4) Efektifitas, dan (5) Kemandirian. Sedangkan pada kualitas pelayanan dapat dilihat dari yaitu: (1) Tangible atau bukti fisik, (2) Reliability atau kehandalan, (3) Responsivines atau daya tanggap, (4) Assurance atau jaminan, dan (5) Emphaty atau empati. Namun, pada kinerja pegawai dan kualitas pelayanan masih terdapat beberapa kendala yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah berlaku. Pada kinerja pegawai masih terdapat beberapa pegawai yang masih mangkir dari tugas sedangkan pada kualitas pelayanan, dinas tenaga kerja kabupaten malang sudah memberikan yang terbaik.
Kata kunci :Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan.