Show simple item record

dc.contributor.authorNadia, Kevin Herma
dc.date.accessioned2022-08-09T02:30:23Z
dc.date.available2022-08-09T02:30:23Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4813
dc.description.abstractPeneitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan pelaksanaan implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR sebagai wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah yaitu : pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dann menganalisis bagaimana implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR sebagai wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Kedua, penelitian ini bertujuan mengetahui, mendeskripsikan dann menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR sebagai wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dann dokumentasi yang dikembangkan dari pewawancara terhadap informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro telah terpenuhi secara baik yang dikaji melalui teori Van Mater dan Van Horn dalam (Subarsono,2005:95) yang diukur melalui beberapa indikator yaitu standar kebijakan atau ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik, komunikasi antar pelaksana, disposisi, serta kondisi lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Dari keberhasilan implementasi tersebut terdapat faktor pendukung yaitu komitmen instansi dalam menindak lanjuti aduan, dan partisipasi masyarakat. adapun faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan SIAP-LAPOR ialah error pada aplikasi, culture change, serta sosialisasi yang belum maksimal. Kata Kunci : Implementasi Kebijkan, SIAP-LAPOR, Faktor Pendukung, Faktor Penghambaten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasi Kebijkanen_US
dc.subjectSIAP-LAPORen_US
dc.subjectFaktor Pendukungen_US
dc.subjectFaktor Penghambaten_US
dc.titleImplementasi Kebijakan Program Sistem Integrasi Aspirasi Pengaduan – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Siap - Lapor) Sebagai Wujud Open Government Policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoroen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record