View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Kebijakan Program Sistem Integrasi Aspirasi Pengaduan – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Siap - Lapor) Sebagai Wujud Open Government Policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro

Thumbnail
View/Open
Publish (2.115Mb)
Fulltext (4.368Mb)
Date
2022-07-15
Author
Nadia, Kevin Herma
Metadata
Show full item record
Abstract
Peneitian ini merupakan penelitian yang menggambarkan pelaksanaan implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR sebagai wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah yaitu : pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dann menganalisis bagaimana implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR sebagai wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Kedua, penelitian ini bertujuan mengetahui, mendeskripsikan dann menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR sebagai wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dann dokumentasi yang dikembangkan dari pewawancara terhadap informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi implementasi kebijakan program SIAP-LAPOR wujud open government policy pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro telah terpenuhi secara baik yang dikaji melalui teori Van Mater dan Van Horn dalam (Subarsono,2005:95) yang diukur melalui beberapa indikator yaitu standar kebijakan atau ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik, komunikasi antar pelaksana, disposisi, serta kondisi lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Dari keberhasilan implementasi tersebut terdapat faktor pendukung yaitu komitmen instansi dalam menindak lanjuti aduan, dan partisipasi masyarakat. adapun faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan SIAP-LAPOR ialah error pada aplikasi, culture change, serta sosialisasi yang belum maksimal. Kata Kunci : Implementasi Kebijkan, SIAP-LAPOR, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4813
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group