Pengaruh Customer Perceived Risk dan Trust Terhadap Minat Beli Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Shopee di Daerah Sebuku Kel. Bunul Rejo )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Customer Perceived Risk dan Trust terhadap Minat Beli Marketplace Shopee. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Metode non probability sampling ( tidak seluruh populasi diambil) atau juga disebut juga non peluang dengan teknik sampling accidental. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden . Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25 for Windows.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam Nilai thitung variabel Perceived Risk (X1) adalah sebesar 2, 163. Nilai thitung 2,163 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,033 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak atau Ha1 diterima. Artinya Perceived Risk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli (Studi pada pengguna shoppe di daerah sebuku) Nilai thitung variabel Trust (X2) adalah sebesar 5,545. Nilai thitung 5,545 > ttabel = 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000< probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak atau Ha1 diterima. Artinya Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli (Studi pada pengguna shoppe di daerah sebuku) Dari data penghitungan uji signifikan secara simultan yang tampak pada tabel di atas nilai Fhitung 48,664> Ftabel 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H05 ditolak atau Ha5 diterima. Artinya perceived risk dan trust berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli (studi pada pengguna shoppe di daerah sebuku)
Kata Kunci: Customer Perceived Risk, Trust, Minat Beli