Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Pembelajaran Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2020-2021)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan persepsi pembelajaran daring pada tingkat pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi. Studi yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari kuesioner dan diukur menggunakan Skala Likert. Penelitian ini berpopulasi pada mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Islam Malang Dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan rumus slovin dalam penarikan sampel dan memperoleh sebanyak 74 responden. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel dan teknik analisis data dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitiannya menunjukkan : 1) Variabel minat belajar dan pembelajaran daring berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi, 2) Variabel minat belajar dan pembelajaran daring berpengaruh secara parsial terhadap tingkat pemahaman mata kuliah pengantar akuntansi.
Kata kunci : Minat Belajar, Persepsi Pembelajaran Daring, Tingkat Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi