View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Inovasi Program Sakera Mesem dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sampang)

Thumbnail
View/Open
Publish (2.405Mb)
Fulltext (5.080Mb)
Date
2022-07-13
Author
Nadiatussilmi
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kulaitas pelayanan publik ditinjau dari adanya Inovasi program Sakera Mesem dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi terhadap kualitas pelayanan dokumen kependudukan di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Sampang. Secara praktis diharapkan bermanfaat bagi perkembangan pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan program “Sakera Mesem” Dispendukcapil Kab.Sampang sudah berjalan dengan baik dalam menunjang dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi pelayanan yang ada pada program “Sakera Mesem” yang diukur dengan menggunakan teori 6 (enam) standar pelayanan publik yaitu prosedur pelayanan, waktu pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi pelayanan, tetapi masih terdapat beberapa faktor penghambat seperti jaringan internet yang belum maksimal, tingkat kesadaran masyarakat akan kepentingan kepemilikan dokumen kependudukan masih rendah, dan faktor pendukung seperti adanya peralatan yang bersumber dari Dana Desa (DD). Semisal, computer, printer, mesin rekam, jaringan internet dan operator, dan adanya anggaran yang dialokasikan oleh pihak pemerintah dalam melakukan program Sakera Mesem. Kata Kunci: pelayanan publik, kualitas pelayanan, inovasi, “Sakera Mesem”
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5033
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group