Inovasi Program Sakera Mesem dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sampang)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kulaitas pelayanan publik ditinjau dari adanya Inovasi program Sakera Mesem dan faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi terhadap kualitas pelayanan dokumen kependudukan di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Sampang. Secara praktis diharapkan bermanfaat bagi perkembangan pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan, pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan program “Sakera Mesem” Dispendukcapil Kab.Sampang sudah berjalan dengan baik dalam menunjang dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi pelayanan yang ada pada program “Sakera Mesem” yang diukur dengan menggunakan teori 6 (enam) standar pelayanan publik yaitu prosedur pelayanan, waktu pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi pelayanan, tetapi masih terdapat beberapa faktor penghambat seperti jaringan internet yang belum maksimal, tingkat kesadaran masyarakat akan kepentingan kepemilikan dokumen kependudukan masih rendah, dan faktor pendukung seperti adanya peralatan yang bersumber dari Dana Desa (DD). Semisal, computer, printer, mesin rekam, jaringan internet dan operator, dan adanya anggaran yang dialokasikan oleh pihak pemerintah dalam melakukan program Sakera Mesem.
Kata Kunci: pelayanan publik, kualitas pelayanan, inovasi, “Sakera Mesem”