Pengaruh Lingkungan Sosial, Inovasi, Teknologi dan Modal Terhadap Minat Berbisnis pada Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial, inovasi, teknologi dan modal terhadap minat berbisnis pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner serta diukur dengan Skala Likert. populasi penelitian meliputi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Angkatan 2018. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh hasil akhirnya sebanyak 93 responden. Metode penentuan sampelnya yaitu purposive sampling. Teknik analisis data ini menggunakan SPSS 17.0 for windows. Data ujii yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis serentak (F), koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis parsial (t). Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa variabel bebas lingkungan sosial, inovasi, teknologi dan modal berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap variabel terikat yaitu minat berbisnis.
Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Inovasi, Teknologi, Modal, Minat Berbisnis