Show simple item record

dc.contributor.authorBashiroh, Mir’atul
dc.date.accessioned2022-09-19T02:13:27Z
dc.date.available2022-09-19T02:13:27Z
dc.date.issued2022-08-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5309
dc.description.abstractLatar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi dan minat belajar pada mata pelajaran Aswaja. Mata pelajaran Aswaja adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan Agama Islam, biasanya mata pelajaran Aswaja ada di sekolah yang berkultur Nadhatul Ulama. Tujuan adanya mata pelajaran Aswaja yaitu untuk menumbuhkan semangat belajar dan cinta tanah air dengan tetap melestarikan budaya dan ajaran Ahlusunnah wal jama’ah An-Nadhliyah, untuk melahirkan generasi muslim dengan karakter yang berbudi luhur serta mengarahkan siswa menjadi insan yang cerdas, berprestasi dan berakhlaqul karimah yang mempunyai semangat Ahlusunnah wal jama’ah yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran aswaja kelas X SMA An-Nur Bululawang?, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran Aswaja kelas X SMA An-Nur Bululawang. Penlitian ini mengguanakan Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling dimana peneliti mengambil secara acak sebanyak 25 siswi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Aswaja kelas X SMA An-Nur Bululawang. Dilihat dari perhitungan uji hipotesis diketahui nilai sig X1 (Motivasi belajar) dan X2 (Minat belajar) secara simultan terhadap Y (hasil belajar) sebesar 0,004 < 0,05 dan nilai Fhitung 7,103 > 3,42 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan anatara motivasi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Aswaja. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titleHubungan Motivasi dan Minat Belajar dengan Hasilo Belajar Mata Pelajaran Aswaja Kelas X SMA An-Nur Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record