Hubungan Motivasi dan Minat Belajar dengan Hasilo Belajar Mata Pelajaran Aswaja Kelas X SMA An-Nur Bululawang
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi dan minat belajar pada mata pelajaran Aswaja. Mata pelajaran Aswaja adalah bagian dari mata pelajaran pendidikan Agama Islam, biasanya mata pelajaran Aswaja ada di sekolah yang berkultur Nadhatul Ulama. Tujuan adanya mata pelajaran Aswaja yaitu untuk menumbuhkan semangat belajar dan cinta tanah air dengan tetap melestarikan budaya dan ajaran Ahlusunnah wal jama’ah An-Nadhliyah, untuk melahirkan generasi muslim dengan karakter yang berbudi luhur serta mengarahkan siswa menjadi insan yang cerdas, berprestasi dan berakhlaqul karimah yang mempunyai semangat Ahlusunnah wal jama’ah yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran aswaja kelas X SMA An-Nur Bululawang?, sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran Aswaja kelas X SMA An-Nur Bululawang.
Penlitian ini mengguanakan Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling dimana peneliti mengambil secara acak sebanyak 25 siswi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode angket, tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Aswaja kelas X SMA An-Nur Bululawang. Dilihat dari perhitungan uji hipotesis diketahui nilai sig X1 (Motivasi belajar) dan X2 (Minat belajar) secara simultan terhadap Y (hasil belajar) sebesar 0,004 < 0,05 dan nilai Fhitung 7,103 > 3,42 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan anatara motivasi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Aswaja.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Korelasi Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Siswa SMP Islam Pakisaji Malang
Sari, Ledy Berliana Kartika (Universitas Islam Malang, 2021-07-10)Lingkungan belajar yang kondusif akan membuat siswa berlajar dengan nyaman, saat siswa dapat belajar dengan nyaman siswa akan terdorong untuk memotivasi diri sendiri untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. sejalan dengan ... -
Pengaruh Hasil Belajar Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Perpajakan dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Unisma)
Khoiroh, Annis Duwi Rokhmatul (Universitas Islam Malang, 2023-11-20)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari Hasil belajar Perpajakan, Intensitas pemberian tugas, Gaya belajar dan Motivasi belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Perpajakan, dan Pengaruh Hasil belajar Perpajakan, ... -
Pengaruh Kontinuitas Belajar, Dukungan Keluarga dan Lingkungan Sosial, Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mahasiswa Universitas Islam Malang Jurusan Akuntansi Angkatan 2017
Hariyadi, Slamet (Universitas Islam Malang, 2021-08-20)Di Era Globalisasi, Perkembangan Di Berbagai Bidang, Misalnya Pembangunan, Ekonomi, Komunikasi, Pendidikan Dan Lain Sebagainya. Kemajuan Sebuah Bisnis Dapat Dilihat Dari Berapa Keuntungan Yang Didapat Dan Penggunaan Sistem ...