Show simple item record

dc.contributor.authorDade, Inayah
dc.date.accessioned2022-09-21T02:23:04Z
dc.date.available2022-09-21T02:23:04Z
dc.date.issued2022-08-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5437
dc.description.abstractPembelajaran matematika merupakan proses interaksi atau komunikasi antara pendidik dan peserta didik serta lingkungan belajar, agar peserta didik memperoleh kemampuan dalam bidang matematika. Kemampuan dalam bidang matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematis, karena pada dasarnya kemampuan tersebut merupakan suatu kemampuan yang penting dan perlu dimiliki oleh setiap peserta didik. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi peluang kelas VIII SMP An-Nur Bululawang. 2) untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi peluang kelas VIII SMP An-Nur Bululawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah diperoleh kelas VIII-26 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-27 sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji kemampuan awal, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan bantuan Software SPSS 20, diperoleh: (1) Analisis data uji hipotesis membuktikan bahwa nilai rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share kelas eksperimen (Mean ± SD = 34,04 ± 5,087) lebih tinggi dibanding dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional kelas kontrol (Mean ± SD = 22,64 ± 5,415). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi peluang kelas VIII SMP An-Nur Bululawang tahun pelajaran 2021/2022. (2) Analisis data uji hipotesis membuktikan bahwa nilai rata-rata posttest kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share kelas eksperimen (Mean ± SD = 32,40 ± 5,268) lebih tinggi dibanding dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional kelas kontrol (Mean ± SD = 23,04 ± 5,389). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik materi peluang kelas VIII SMP An-Nur Bululawang tahun pelajaran 2021/2022. Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis.  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Think Pair Shareen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectKemampuan Penalaran Matematisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII Materi Peluangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record