dc.description.abstract | Dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan kepada para
pasien/pengunjung Puskesmas, kualitas pelayanan menjadi penentu atas
pencapaian tujuan yang telah di tetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan,
ketanggapan, jaminan dan empati terhadap tingkat kepuasan pasien Puskesmas
Banemo secara simultan dan parsial, serta mencari variabel dominan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini
dilaksanakan pada pasien di Puskesmas Banemo Kecamatan Patani Barat
Kabupaten Halmahera Tengah. Adapun waktu penelitian dilaksanakan mulai
bulan Oktober 2019 sampai dengan bulan Januari 2020. Populasi dalam penelitian
ini adalah pasien pada Puskesmas Banemo Kecamatan Patani Barat Kabupaten
Halmahera Tengah sejumlah 450 orang, sedangkan besarnya sampel dalam
penelitian ini adalah 90 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
secara simultan daya tanggap, kehandalan, jaminan, empati dan bukti langsung
berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Secara parsial atau sendiri-sendiri variabel
daya tanggap, kehandalan, jaminan, empati dan bukti langsung berpengaruh
terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Banemo Kecamatan Patani Barat
Kabupaten Halmahera Tengah. | en_US |