View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Model Pendidikan Islam Multikultural dalam Membangun Moderasi Beragama pada Mantan Teroris di Yayasan Lingkar Perdamaian, Lamongan

Thumbnail
View/Open
FULL TEXT S3_PASCASARJANA_21903011010_HEPI IKMAL.pdf (6.677Mb)
S3_PASCASARJANA_21903011010_HEPI IKMAL.pdf (1.615Mb)
Date
2022-08-26
Author
Ikmal, Hepi
Metadata
Show full item record
Abstract
Tantangan terbesar bangsa Indonesia yang belum sepenuhnya selesai adalah masalah terorisme. Perilaku radikal merupakan ancaman serius dalam keragaman negara kesatuan republik Indonesia. Tindakan intoleransi, kekerasan bahkan dalam posisi tertentu melegitimasi penghilangan nyawa seseorang atas dasar ajaran Agama, merupakan perilaku menyimpang yang harus selalu dicarikan alternatif solusinya. Penelitian ini mengkaji pengalaman yayasan lingkar perdamaian (YLP) yang secara konsisten melakukan pembinaan pada teroris sekaligus keluarga mereka. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan, menganalisis, dan memberikan interpretasi tentang 1) Proses Pendidikan Islam Multikultural bagi mantan teroris di Yayasan Lingkar Perdamaian Lamongan, 2) Pembentukan Sikap Moderasi Beragama mantan Terorisme di Yayasan Lingkar Perdamaian Lamongan melalui Pendidikan Islam Multikultural, dan 3) Model Pendidikan Islam Multikultural dalam membentuk Moderasi Beragama Bagi Mantan Teroris di Yayasan Lingkar Perdamaian Lamongan. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang dipilih secara khusus (purposive sampling), serta didukung dengan observasi dan penelusuran dokumen yang terkait. Disertasi ini menggunakan teknik analisis model Spradley yang terdiri dari analisis domain, taksonomi dan komponensial guna menemukan tema-tema penting dan relevan untuk digenelasir menjadi temuan penelitian. Hasil dari penelitian ini berhasil menyimpulkan antara lain: Pertama, Pendidikan Islam multikultural pada mantan teroris menggunakan tiga paradigma, yaitu: ketuhanan, kebangsaan dan kemanusiaan. Ketiga paradigma ini, menjadi basis ontologis yang pada muara selanjutnya diimplementasikan pada pembentukan transformasi diri, transformasi ideologi dan transformasi sosial sebagai tiga pilar orientasi pendidikan Islam multikultural pada mantan teroris. Ketiga orientasi di atas, dilakukan dengan menerapkan tiga pendekatan pendidikan Islam multikultural sebagai basis epistemologisnya, yakni pendekatan rasional, pendekatan psiko-sosial dan pendekatan pengembangan kecakapan hidup (life skill). Ketiga pendekatan ini, diperlukan dan dijalankan secara intergrasi-interkoneksi mengingat problem yang menjadi faktor keterpaparan radikalisme sangat beragam dan kompleks. Dalam proses pembelajarannya, mantan teroris penting untuk mengombinasikan orientasinya pada dosis materi keislaman, kemanusiaan, kebangsaan dan peningkatan keterampilan. Kedua, pembentukan sikap moderasi beragama dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap input, pelaksanaan dan output. Muara dari ini adalah terinternalisasinya nilai-nilai moderasi beragama yang tersusun atas tiga kompetensi, yaitu spirit nasionalisme, beragama tanpa kekerasan serta cara pandang agama yang inklusif. Ketiga, model pendidikan Islam multikultural dalam membangun moderasi beragama pada mantan teroris menggunakan model metakognisi yang diarahkan pada kemampuan kontrol dan evaluasi diri yang bersifat mental-psikis. Kemudian didukung dengan lingkungan belajar yang mengarah pada model kognisi sosial, yaitu upaya membangun kembali kepercayaan diri sosial melalui resosialisasi, menjalankan fungsi sosial di tengah masyarakat serta membuka diri dengan perbedaan sosio-kultural yang ada.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5548
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group