Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP
Abstract
Dalam pendidikan formal terdapat mata pelajaran penting dan perlu dikuasai oleh peserta didik. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran sangat penting dan selalu dipelajari mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi. Matematika menurut sebagian besar peserta didik adalah mata pelajaran paling sulit di antara yang lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh peserta didik yang berpendapat bahwa mata pelajaran matematika itu sulit, sehingga menyebabkan kesulitan dalam memahami konsep. Padahal mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh peserta didik, karena sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Materi penyajian data merupakan salah satu materi yang erat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, konsep dalam materi penyajian data harus dikuasai peserta didik supaya dapat menyelesaikan soal. Kesulitan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi penyajian data perlu dicari penyebabnya, sehingga dapat dilakukan usaha untuk mengatasi kesulitan tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian terkait analisis kesulitan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara lebih detail kesulitan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi penyajian data kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dan jenis deskripstif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP berdomisili di Karangploso yang telah mendapatkan materi penyajian data, yang terdiri dari peserta didik dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data untuk menguji kredibilitas data dengan membandingkan kesulitan pemahaman konsep matematis dari hasil tes dan wawancara. Setelah data kredibel/valid, maka dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan yang membuktikan bahwa peserta didik mengalami kesulitan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal pada materi penyajian data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Subjek berkemampuan tinggi mengalami kesulitan pada indikator menyajikan konsep ke dalam berbagai bentuk ungkapan matematis; (2) Subjek berkemampuan sedang mengalami kesulitan pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai ungkapan matematis dan melakukan kesalahan pada indikator mengubah suatu bentuk ungkapan ke ungkapan matematis lainnya; (3) Subjek berkemampuan rendah mengalami kesulitan pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai ungkapan matematis dan indikator menerjemahkan atau menafsirkan makna diagram garis.