POTENSI SASTRA ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN NILAI

Show simple item record

dc.contributor.author Werdiningsih, Dyah
dc.date.accessioned 2022-11-29T02:12:37Z
dc.date.available 2022-11-29T02:12:37Z
dc.date.issued 2004-08-10
dc.identifier.issn 0215-9341
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6037
dc.description [ARCHIVES] Copyright Article From: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran en_US
dc.description [ARCHIVES] Copyright Article From: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran en_US
dc.description.abstract Sebagai salah satu bentuk karya seni, sastra dapat berbengaruh besar terhadap pembaca, terlebih-lebih pembaca anak-anak. Dengan membaca sastra seseorang bisa menjadi lebih toleran, lebih sabar, dan lebih dewasa, serta memiliki kegairahan dalam memahami hidup. Dengan kata lain, sastra dapat berperan dalam mencerdaskan dan memperhalus budi pembacanya. Sehubungan dengan besarnya potensi peran sastra bagi pembaca, maka kehadiran sastra anak akan menjadi lebih bermakna jika dimanfaatkan secara optimal sebagai media pendidikan nilai. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam tulisan ini dibahas tentang (1) manfaat sastra anak bagi perkembangan anak, (2) kondisi sastra anak di Indonesia saat ini, (3) beberapa alternatif pemikiran berkaitan dengan problematika dalam sastra anak di Indonesia, dan (4) sastra anak sebagai media pendidikan nilai. en_US
dc.description.abstract Sebagai salah satu bentuk karya seni, sastra dapat berbengaruh besar terhadap pembaca, terlebih-lebih pembaca anak-anak. Dengan membaca sastra seseorang bisa menjadi lebih toleran, lebih sabar, dan lebih dewasa, serta memiliki kegairahan dalam memahami hidup. Dengan kata lain, sastra dapat berperan dalam mencerdaskan dan memperhalus budi pembacanya. Sehubungan dengan besarnya potensi peran sastra bagi pembaca, maka kehadiran sastra anak akan menjadi lebih bermakna jika dimanfaatkan secara optimal sebagai media pendidikan nilai. Sehubungan dengan hal tersebut, dalam tulisan ini dibahas tentang (1) manfaat sastra anak bagi perkembangan anak, (2) kondisi sastra anak di Indonesia saat ini, (3) beberapa alternatif pemikiran berkaitan dengan problematika dalam sastra anak di Indonesia, dan (4) sastra anak sebagai media pendidikan nilai. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran en_US
dc.relation.ispartofseries Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran;Vol. 17, No. 02
dc.title POTENSI SASTRA ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN NILAI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account