POTENSI SASTRA ANAK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN NILAI
Abstract
Sebagai salah satu bentuk karya seni, sastra dapat berbengaruh
besar terhadap pembaca, terlebih-lebih pembaca anak-anak. Dengan
membaca sastra seseorang bisa menjadi lebih toleran, lebih sabar, dan
lebih dewasa, serta memiliki kegairahan dalam memahami hidup. Dengan
kata lain, sastra dapat berperan dalam mencerdaskan dan memperhalus
budi pembacanya. Sehubungan dengan besarnya potensi peran sastra bagi
pembaca, maka kehadiran sastra anak akan menjadi lebih bermakna jika
dimanfaatkan secara optimal sebagai media pendidikan nilai. Sehubungan
dengan hal tersebut, dalam tulisan ini dibahas tentang (1) manfaat sastra
anak bagi perkembangan anak, (2) kondisi sastra anak di Indonesia saat
ini, (3) beberapa alternatif pemikiran berkaitan dengan problematika
dalam sastra anak di Indonesia, dan (4) sastra anak sebagai media
pendidikan nilai. Sebagai salah satu bentuk karya seni, sastra dapat berbengaruh
besar terhadap pembaca, terlebih-lebih pembaca anak-anak. Dengan
membaca sastra seseorang bisa menjadi lebih toleran, lebih sabar, dan
lebih dewasa, serta memiliki kegairahan dalam memahami hidup. Dengan
kata lain, sastra dapat berperan dalam mencerdaskan dan memperhalus
budi pembacanya. Sehubungan dengan besarnya potensi peran sastra bagi
pembaca, maka kehadiran sastra anak akan menjadi lebih bermakna jika
dimanfaatkan secara optimal sebagai media pendidikan nilai. Sehubungan
dengan hal tersebut, dalam tulisan ini dibahas tentang (1) manfaat sastra
anak bagi perkembangan anak, (2) kondisi sastra anak di Indonesia saat
ini, (3) beberapa alternatif pemikiran berkaitan dengan problematika
dalam sastra anak di Indonesia, dan (4) sastra anak sebagai media
pendidikan nilai.