Strategi Penguatan Ekonomi Kreatif Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang
Abstract
Desa Sanankerto memiliki ekowisata Boon Pring dan sudah menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat. Sebelum adanya ekowisata tersebut masyarakat banyak yang masih pengganguran dan kurangnya berdaya dalam pemanfaatan sumber daya alam yang mewujudkan usaha – usaha ekonomi kreatif. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama bagaimana startegi penguatan ekonomi kreatif, kedua bagaimana pemberdayaan masyarakat dan ketiga apa faktor pendukung dan penghambat yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang.
Penelitian ini bertujuan satu untuk mengetahui strategi penguatan ekonomi kreatif. Kedua mengetahui pemberdayaan masyarakat dan yang ketiga mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemerintah desa dalam melakukan pelaksanaannya melalui program – program di Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang.
Dalam penelitian ini jenis yang digunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Greenteori yang digunakan pada fokus penelitian yaitu Ismawan Priyono. Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi penguatan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sanankerto berada pada kuadran I dalam bagan SWOT, dan adanya pola interaksi triple helix yaitu adanya hubungan interaksi anatara akademisi, swasta atau bisnis dan pemerintah daerah. (2) pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sanankerto dengan pelatihan- pelatihan atau pembinaan serta adanya kelompok – kelompok masyarakat seperti Pokdarwis, pengembangan usaha produktif. (3) faktor pendukung meliputi dukungan dari pemerintah desa, alam, dan partisipasi masyarakat yang baik. Sedangkan faktor penghambat meliputi sumber daya manusia yang masih rendah, kecukupan modal dan perlunya peningkatan digilatisasi. Dapat disimpulkan bahwa cara penguatan yang dilakukan pemerintah desa sudah baik karena pemerintah juga memiliki hubungan dengan perguruan tinggi, pihak swasta dan pemerintah daerah dalam pengembangan desa, serta pemberdayaan yang dilakukan juga sudah masuk pada programnya. Saran dari penulis perlu adanya pelatihan marketing penjualan secara online agar dapat memaksimalkan pendapatan masyarakat.
Kata Kunci : Penguatan Ekonomi Kreatif, Pemberdayaan Masyarakat