Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota (Studi Pada Anggota Kud Sumber Makmur Ngantang Periode 2019-2021)
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota (Studi pada Anggota KUD Sumber Makmur Ngantang). Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam uji t secara parsial variabel Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Anggota yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,029 sedangkan nilai t tabel adalah 1,984 dengan tingkat signifikasi 0,045 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Anggota yang dibuktikan dengan hasil dari perhitungan data yang diperoleh nilai t hitung sebesar 6,898 sedangkan nilai t tabel adalah 1,984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji F dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitas dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Anggota dibuktikan dengan hasil uji F hitung 47,222 > F tabel 2,70 dengan tingkat signifikasi 0,00 < 0,05.
Kata Kunci: Fasilitas, Kualitas pelayanan, Kepuasan Anggota