Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Microsoft Teams pada siswa Kelas VII di SMP Brawijaya Smart School
Abstract
Pembelajaran mengunakan aplikasi Microsft Teams untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Aplikasi Microsoft Teams bertujuan untuk memberikan suatu pengalaman pembelajaran online, seperti halnya belajar di ruang kelas, pribadi, interaktif, dan sosial. Aplikasi ini dapat mempermudah siswa dan guru untuk tetap berhubungan dan saling membantu dalam berdialog. Guru dapat menggunakan Microsoft Teams untuk mengukur kemajuan siswa dalam belajar sehari-hari melalui pekerjaan rumah serta mendukung gaya kerja siswa seperti di dalam kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Implementasi pembelajaran PAI dalam Microsoft Teams di SMP Brawijaya smart school dan Mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran PAI.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengematan yang merupakan aktivitas penelitian yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data. Sumber data pada penelitian ini di ambil dari data primer dan data sekunder. Kemudian teknik analisis data menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana (2014) yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan atau verifikasi. Dalam teknik pemeriksaan keabsahan data, penulis menggunakan 3 cara, yaitu triangulasi, ketekunan pengamatan dan peningkatan ketekunan.
Perencana dan persiapan oleh sekolah membentuk tim pengembangan sistem informasi menejemen Membentuk tim pengembang Sistem Informasi Manajemen (SIM). Ada 3 bidang didalam Sistem Informasi Manajemen yang dibentuk yaitu bidang pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh, bidang pengembangan website, dan bidang pengembangan media social. Membuat panduan instalasi Microsoft Teams pada HP/ laptop, mengadakan pelatihan untuk guru, mengadakan sosialisasi dengan orang tua siswa, mengadakan bimbingan teknis penggunaan aplikasi Microsoft Teams untuk siswa. Peranan oleh guru Guru membuat silabus, prota, promes, dan RPP implementasi Microsoft teams dalam pembelajaran PAI Kegiatan awal Mengucap salam, bertanya kabar, doa’a bersama, mengecek kehadiran siswa di fitur postingan Microsoft Teams, serta memberi motivasi. Kegiatan inti Guru mengunggah materi di fitur files, membagikan share screen, tanya jawab, dan membuat kesimpulan Kegiatan ahir: merefleksi, doa bersama, dan ditutup dengan salam. Penilaian sikap pengamatan selama pembelajaran pada saat vicon dan mengisi form penilaian diri. penilaian kognitif menggunakan tes tertulis dan tugas-tugas
Faktor-faktor pendukung dan penghambat yaitu sebagai pendukung Guru mampu menggunakan aplikasi Microsoft Teams, guru menyediakan bahan ajar berupa konten elektronik, fitur yang lengkap mempermudah guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan mayoritas guru dan peserta didik telah memiliki perangkat keras dan penghambat Kuota terbatas, signal yang kurang mendukung, hp yang jadul, serta beberapa siswa kesulitan menggunakan Microsoft Teams.
Kata Kunci: Implementasi, PAI, Microsoft Teams.