Show simple item record

dc.contributor.authorNurimama, Yulia
dc.date.accessioned2022-12-22T03:00:18Z
dc.date.available2022-12-22T03:00:18Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6084
dc.description.abstractImplementasi biasanya dikaitkan dengan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Implementasi merupakan sebuah penempatan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap. Metode fishbowl diterapkan agar dapat menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar dengan memperkenalkan metode baru karena belum adanya penelitian yang menggunakan metode fishbowl (toples ikan). Metode ini mengajak siswa untuk saling berinteraksi, melatih kemampuan siswa mengeluarkan ide-ide beasarkan pengalaman dan informasi yang dimilikinya, sehingga diharapkan siswa mampu memahami pendidikan agama Islam secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi metode diskusi fishbowl pada pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas X IPS-2 Madrasah Aliyah An-nur Bululawang. Pembelajaran akidah akhlak juga bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang mencakup wilayah ketuhanan secara khusus dan mencakup kehidupan bersosial secara umum atau disebut dengan Habluminallah Wahabluminanas. Tujuan dari pendidikan akidah akhlak yakni pada dasarnya merupakan tujuan utama dari pendidikan islam, sebab pada dasarnya tujuan dari pendidikan secara umum adalah pembentukan akhla. (Afrianto, 2015). Dari setiap pendidikan yang umum maupun yang husus lebih-lebihnya tentu mengharapakan perbaikan akhlak atau perilaku dari peserta didik yang merupakan tujuan dari pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif model interaktif, dengan triangulasi data dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi metode diskusi fishbowl pada pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas X IPS-2 Madrasah Aliyah An-nur Bululawang dilakukan dengan memperhatikan materi yang akan disampaikan. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam implementasi metode diskusi fishbowl yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Dampak dari implementasi diskusi fishbowl pada pembelajaran akidah akhlak di kelas X IPS-2 tidak hanya dilihat dari segi meningkatnya hasil belajar siswa melainkan juga dilihat dari segi sosial siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dipaparkan pada bagian sebelumnya diketahui bahwa dampak dari implementasi metode diskusi fishbowl yakni siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, keterampilan sosial siswa juga meningkat. Kata Kunci: Implementasi, Diskusi Fish Bowl, Pembelajaran Akidah Akhlaken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectDiskusi Fish Bowlen_US
dc.subjectPembelajaran Akidah Akhlaken_US
dc.titleImplementasi Metode Diskusi Fish Bowl pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dikelas X IPS-2 Madrasah Aliyah An-nur Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record