View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Metode Diskusi Fish Bowl pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dikelas X IPS-2 Madrasah Aliyah An-nur Bululawang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.141Mb)
Fulltext (2.685Mb)
Date
2022-06-28
Author
Nurimama, Yulia
Metadata
Show full item record
Abstract
Implementasi biasanya dikaitkan dengan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Implementasi merupakan sebuah penempatan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampak, baik berupa perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap. Metode fishbowl diterapkan agar dapat menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar dengan memperkenalkan metode baru karena belum adanya penelitian yang menggunakan metode fishbowl (toples ikan). Metode ini mengajak siswa untuk saling berinteraksi, melatih kemampuan siswa mengeluarkan ide-ide beasarkan pengalaman dan informasi yang dimilikinya, sehingga diharapkan siswa mampu memahami pendidikan agama Islam secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi metode diskusi fishbowl pada pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas X IPS-2 Madrasah Aliyah An-nur Bululawang. Pembelajaran akidah akhlak juga bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang mencakup wilayah ketuhanan secara khusus dan mencakup kehidupan bersosial secara umum atau disebut dengan Habluminallah Wahabluminanas. Tujuan dari pendidikan akidah akhlak yakni pada dasarnya merupakan tujuan utama dari pendidikan islam, sebab pada dasarnya tujuan dari pendidikan secara umum adalah pembentukan akhla. (Afrianto, 2015). Dari setiap pendidikan yang umum maupun yang husus lebih-lebihnya tentu mengharapakan perbaikan akhlak atau perilaku dari peserta didik yang merupakan tujuan dari pendidikan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif model interaktif, dengan triangulasi data dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi metode diskusi fishbowl pada pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas X IPS-2 Madrasah Aliyah An-nur Bululawang dilakukan dengan memperhatikan materi yang akan disampaikan. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam implementasi metode diskusi fishbowl yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Dampak dari implementasi diskusi fishbowl pada pembelajaran akidah akhlak di kelas X IPS-2 tidak hanya dilihat dari segi meningkatnya hasil belajar siswa melainkan juga dilihat dari segi sosial siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dipaparkan pada bagian sebelumnya diketahui bahwa dampak dari implementasi metode diskusi fishbowl yakni siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, keterampilan sosial siswa juga meningkat. Kata Kunci: Implementasi, Diskusi Fish Bowl, Pembelajaran Akidah Akhlak
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6084
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group