Pengaruh Kompetensi Fiskus dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Lumajang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi fiskus dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan wajib pajak. Penelitian ini menggunakan
pendekatan metode kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kantor
Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Lumajang. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan dibagikan kepada 100 responden. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan
SPSS 14. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi fiskus
dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak. Sedangkan
secara parsial kompetensi fiskus dan kualitas pelayanan berpengaruh positif
terhadap kepuasan wajib pajak.