Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG), Audit Brand NAme dan Ukuran Perusahaan terhadap Konservatisme Akuntansi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mekanisme Good
Corporate Governance, Audit Brand Name dan Ukuran Perusahaan Terhadap
Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Berdasaran jumlah perhitungan didapatkan 49
perusahaan yang terpilih menjadi sampel. Hasil analisis menggunakan analisis
regresi linear berganda menunjukan Kepemilikan Manajerial, Proporsi Dewan
Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Audit Brand name dan Ukuran
Perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Konservatisme
Akuntansi secara simultan. Secara parsial hasil pengujian menunjukan
Kepemilikan Manajerial, Proporsi Dewan Komisaris Independen dan
Kepemilikan Institusional tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada
Konservatisme Akuntansi. Hasil pengujian secara parsial menunjukan Audit
Brand name dan Ukuran Perusahaan memiliki dampak yang signifikan terhadap
Konservatisme Akuntansi.