Analisis Value Chain Sebagai Alat Strategic Cost Management untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan (Studi pada Unit Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Asa Perum Jasa Tirta 1 Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis value chain sebagai alat strategic cost management untuk menciptakan keunggulan bersaing dalam upaya meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan objek penelitian pada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang.
Dengan penerapan analisis value chain yang digunakan dapat dilihat aktivitas-aktivitas mana yang dapat menentukan dalam keunggulan bersaing. Hasil yang didapat dari analisis value chain dimana aktivitas inbound logistic sebesar 27,48% dari keseluruhan biaya aktivitas primer dan human resource management sebesar 20,72% dari keseluruhan biaya aktivitas sekunder. Dan keduanya memiliki proporsi terbesar di dalam setiap aktivitas. Dan untuk aktivitas yang memiliki proporsi biaya terkecil adalah aktivitas service dan marketing yaitu 1,38% dari keseluruhan aktivitas primer dan aktivitas procurement yaitu 0,65% dari keseluruhan aktivitas sekunder.
Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penerapan analisis value chain adalah hendak menunjukkakn bahwa terdapat keterkaitan antara aktivitas primer dan aktivitas sekunder. Keterkaitan ini muncul dalam hal koordinasi dan optimasi antara aktivitas yang dapat mendukung perusahaan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan profitabilitas perusahaan.
Kata kunci: Analisis Value Chain, Manajemen Strategi, Keunggulan Bersaing, Strategi Bersaing, Aktivitas Nilai, Cost leadership.