Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif untuk menganalisis hubungan atau hubungan atau korelasi antara Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, dan Kecerdasan Emosi terhadap Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Malang program studi Akuntansi tahun 2019 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin tinggi tingkat perilaku belajar maka semakin mempengaruhi pemahaman siswa. Gaya mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin tinggi level gaya mengajar dosen maka semakin mempengaruhi pemahaman mahasiswa. Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional maka semakin mempengaruhi pemahaman siswa. Koefisien determinasi R² yang menunjukkan 0,532, artinya 53,20% pemahaman mahasiswa dipengaruhi oleh perilaku belajar, gaya mengajar dosen, dan kecerdasan emosional, sedangkan sisanya 46,80% pemahaman mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, Kecerdasan Emosi, Mata Kuliah Akuntansi