Strategi Pengembangan Café Sawah di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Abstract
Desa Pujon Kidul yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang saat ini dikenal dengan sebutan desa wisata, karena Desa Pujon Kidul ini merupakan suatau pemukiman masyarakat pedesaan yang memiliki daya tarik tersendiri karena banyak terdapat wisata di desa tersebut. Menurut Dewi et al (2013) desa wisata adalah bentuk penerapan pembangunan pariwisata berbasis masyarakat yang sifatnya berkelanjutan. Desa Pujon Kidul pada awalnya dikenal sebagai desa wisata berkonsep wisata, namun saat ini Pujon Kidul lebih dikenal dengan wisata unik Cafe Sawah ialah destinasi pariwisata untuk wisatawan menikmati akhir pekan dengan keluarga, teman, dan kerabat. Cafe Sawah saat ini menjadi salah satu andalan desa Pujon Kidul dengan panorama Cafe Sawah yang indah diarea persawahan dan dikelilingi pegunungan, udara yang sejuk, tempat beristirahat yang nyaman, serta design temapatnya yang unik membuat para wisatawan sangat menikmati liburannya. Cafe Sawah mengalami penurunan pengunjung pada saat pandemi covid-19. Jadi Peneliti bermaksud untuk mengambil judul tentang “ Strategi Pengembangan Cafe Sawah Di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur” untuk dapat ditemukannya strategi terbaru agar pengembangan objek wisata tersebut semakin baik.
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam pengembangan Cafe Sawah. dan menganalisis strategi pengembangan yang dapat diterapkan di Cafe Sawah. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive (sengaja), Lokasi penelitian ini Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur dengan pertimbangan lokasi penelitian ini merupakan suatu pemukiman warga pedesaan yang memiliki daya tarik tersendiri desa pujon kidul pada awalnya dikenal sebagai desa wisata berkonsep agrowisata, namun saat ini pujon kidul lebih dikenal dengan wisata unik Cafe Sawah dan pertimbangan lainnya Cafe Sawah mengalami penurunan pengunjung selama pandemi covid-19.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara melalui kuesioner. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis SWOT melalui matrik IFAS (Internal Faktor Analysis Strategi), EFAS (Eksternal Faktor Analysis Strategi), matriks posisi dan matriks SWOT.
Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor internal Cafe Sawah Pujon Kidul terdapat beberapa kekuatan diantaranya memiliki memiliki panorama alam yang indah, cafe sawah dengan udara yang sejuk, promosi cafe sawah intensif, menawarkan spot foto yang instagramable dengan pemandangan alam dan hamparan sawah yg hijau, harga tiket masuk terjangkau, objek wisata unik, akses jalan menuju cafe sawah mudah dan penampilan karyawan café sawah rapi. sedangkan beberapa kelemahan Cafe Sawah Pujon Kidul lokasi cafe sawah jauh dari pusat kota, kurangnya keterampilan tenaga kerja, penjagaan diarea café kurang terjaga dan keterbatasan SDM. Faktor eksternal Cafe Sawah Pujon Kidul diperoleh beberapa peluang yaitu adanya adanya kerja sama dengan pihak lain, dukungan pemerintah dalam pengembangan sektor pariwisata, membuka peluang lapangan pekerjaan dan wirausaha bagi masyarakat sekitar wisata, partisipasi dari masyarakat setempat, jumlah pengunjung meningkat pada saat akhir pekan, selera pengunjung akan tempat wisata back to nature dan tingkat pendapatan masyarakat sekitar wisata semakin baik. Ancaman yang terdapat pada Cafe Sawah Pujon Kidul ialah intensitas persaingan yang tinggi dan jumlah pengunjung menurun pada saat pandemi covid-19, jumlah pengujung tidak pasti setiap harinya dan banyak café lain menawarkan makanan dengan harga yang lebih murah.
Hasil analisis matriks posisi menunjukan bahwa Café Sawah Pujon Kidul berada pada kuadran 1, sehingga strategi yang digunakan adalah strategi agresif. Alternatif strategi yang didapatkan melalui hasil analisis matriks SWOT terdiri atas tiga strategi diantaranya, melakukan pengembangan Cafe Sawah Pujon Kidul dengan cara menambah spot foto yang lebih menarik dan khas dengan memanfaatkan panorama alam yang dimiliki, menambah fasilitas yang unik serta menu makanan yang lebih beragam serta penampilan karyawan lebih ditingkatkan lagi kerapian dan kebersihannya, terus melakukan kegitan promosi melalui media sosial, brosur dan bener guna menarik minat pengunjung dengan adanya promosi yang intensif membuat café sawah banyak pengunjung dan membuat event pada akhir pekan sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Café Sawah Pujon Kidul.
Saran dari hasil penelitian ini ialah 1) Cafe Sawah Pujon Kidul disarankan untuk menerapkan formulasi strategi yang telah dibuat dan terus melakukan inovasi baru serta unik terhadap cafenya dan memberikan produk makanan terbaru seperti kue pai apel dan corndog kentang yang bahan bakunya didapat dari petani sekitar cafe sawah dengan harapan mampu mendorong pendapatan petani dan memberikan coffee art yang berbeda-beda sehingga pengunjung yang datang tidak merasa bosan dan akan berkunjung kembali. 2) Terus melakukan pengembangan baik didalam cafe sawah itu sendiri dan terus melakukan kegiatan promosi menggunakan media sosial, brosur, banner, dan secara langsung dari mulut ke mulut dan bisa ditambahkan acara atau event tertentu seperti live music pada waktu weekend untuk menarik para pengunjung. 3) Untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja perusahaan bisa mengadakan pelatihan khusus bagi tenaga kerja dan perusahaan bisa memberikan pendidikan untuk tenaga kerja supaya bisa bersaing dengan perusahaan lain dan Cafe Sawah Pujon Kidul diharapkan lebih meningkatkan kinerja kualitas pelayanan, cepat tanggap terhadap pengunjung dan jaminan yaitu dengan lebih memperhatikan kebersihan, menu makanan selalu tersedia serta menambah fasilitas yang ada di cafe sawah seperti fasilitas permainan anak-anak maupun orang dewasa.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Café Sawah, Pujon