Penerapan Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Siswa di SMK Negeri 3 Malang
Abstract
Toleransi beragama merupakan sikap saling menghormati dan menghargai keyakinan atau agama, kepercayaan yang berbeda dan tidak ikut campur dalam urusan masing-masing untuk menjaga hubungan sosial tetap terus baik. Toleransi beragama dalam hal ini bukan berarti seseorang diharuskan berpindah keyakinan untuk berbaur dengan keyakinan orang lain yang berbeda atau mengikuti ibadah agama lain atau tidak juga harus mengakui kebenaran dari semua keyakinan atau agama, namun toleransi disini harus tetap pada keyakinan atau agama yang dianggap benar masing-masing
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan sikap toleransi beragama yang ada di SMK Negeri 3 Malang, 2) Untuk mendeskripsikan penerapan sikap toleransi beragama di SMK Negeri 3 Malang, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan toleransi yang ada di SMK Negeri 3 Malang.
Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah studi kasus. Data yang didapatkan berasal dari hasil wawancara, foto, dokumen resmi serta dokumen pribadi. Dalam penelitian ini, peneliti hanya berperan sebagai pengamat atau partisipan sepenuhnya, dimana peneliti merupakan sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, menganalisis, penafsir data, dan membuat kesimpulan dari akhir penelitian serta melaporkan hasil dari penelitian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Siswa di SMK Negeri 3 Malang dinilai baik. Karena dalam pelaksanaannya guru SMK Negeri 3 Malang mengupayakan penerapan yang disampaikan ketika pembelajaran dan pada kegiatan-kegiatan yang telah ada. Dengan harapan siswa dapat membiasakan hidup bertoleransi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, sikap toleran memberikan dampak yang baik dan menciptakan suasana kerukunan di SMK Negeri 3 Malang.
Kata Kunci: Toleransi Beragama, Penerapan