Pengaruh Brand Awareness, Brand Associations, dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Mi Instan Merek Indomie (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian mi instan merek indomie. (2) Mengetahui pengaruh brand associations terhadap keputusan pembelian mi instan merek indomie. (3) Mengetahui pengaruh perceived quality terhadap keputusan pembelian mi instan merek indomie. (4) Mengetahui pengaruh simultan antara brand awareness, brand associations, dan perceived quality terhadap keputusan pembelian mi instan merek indomie.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling tipe metode proportionate stratified random sampling, yaitu mahasiswa Universitas Islam Malang konsumen mi Instan merek Indomie. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Brand awareness berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian mi instan merek Indomie yang menunjukkan nilai t hitung 3,178 > t tabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. (2) Brand associations berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian mi instan merek Indomie yang menunjukkan nilai t hitung 2,848 > t tabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. (3) Perceived quality berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian mi instan merek Indomie yang menunjukkan nilai t hitung 2,577 > t tabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05. (4) Secara simultan, brand awareness, brand associations, dan perceived quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian mi instan merek Indomie, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan, F hitung dengan jumlah 70,452 > F tabel dengan jumlah 2,70.
Kata Kunci: Brand Awareness, Brand Associations, Perceived Quality , Keputusan Pembelian.