Abstract:
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan bagian penting dalam belajar matematika yang harus dikuasai. Keberhasilan peserta didik dalam mempelajari matematika dapat dilihat dari penguasaan peserta didik terhadap pemahaman konsep. Kenyataan yang terjadi di lapangan saat ini adalah tingginya kegagalan peserta didik dalam menguasai pelajaran matematika terutama pada pendalaman konsep. kemampuan pemahaman konsep peserta didik tidak akan berkembang dengan sendirinya, dibutuhkan perancangan dan tekad guru dalam proses pembelajaran untuk memastikan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik dapat ditumbuh-kembangkan melalui strategi dan perlakuan yang khusus sehingga kemampuan pemahaman konsep dan memecahkan masalah peserta didik meningkat. Peserta didik saat ini menggunakan berbagai macam strategi untuk menyelesaikan masalah. Strategi dalam pemecahan masalah ternyata dapat dipengaruhi oleh gaya belajar sehingga berpengaruh juga pada proses pemahaman konsep (Setiana, 2019:3).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi kesalahan pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan gaya belajar peserta didik kelas VIII materi koordinat kartesius di SMP Bayt Al-Hikmah Pasuruan. Penelitian ini juga dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil angket yang sudah diberikan yaitu dua peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, dua peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori, dan dua peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik.
Terdapat tiga indikator yang digunakan dalam kesalahan pemahaman konsep, diantaranya adalah: a) kesalahan konsep yaitu dalam menyatakan konsep; b) kesalahan prinsip yaitu kesalahan dalam menerapkan cara-cara, sifat-sifat, atau sebuah aturan; c) kesalahan fakta yaitu kesalahan dalam mengidentifikasi informasi yang ada dalam soal dan kesalahan dalam memahami notasi matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik yang memiliki gaya belajar visual memiliki kesalahan konsep dan kesalahan fakta. Peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori memiliki kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan fakta serta kesalahan konsep dan kesalahan prinsip. Peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan fakta.
Kata Kunci: Karakterisasi, Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Belajar, Koordinat Kartesius.