Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Quiz Mendukung Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, pemilihan media perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap pendidik matematika dan peserta didik di dua sekolah, yaitu SMP Negeri 24 Malang dan SMP Negeri 26 Malang, 100% pendidik sangat setuju dengan adanya multimedia interaktif berbasis Game Quiz sebagai fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran di kelas, sebanyak 85% peserta didik menyatakan setuju dengan adanya media pembelajaran matematika seperti multimedia interaktif berbasis Game Quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar, sehingga peserta didik memiliki gambaran langsung mengenai materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkkan hal tersebut, penggunaan multimedia interaktif berbasis Game Quiz dirancang dan didesain semenarik mungkin. Selain itu terdapat kompetensi (KI, KD, dan Indikator), peta konsep, materi beserta latihan soal interaktif, dan uji kompetensi sehingga membuat pembelajaran matematika menjadi lebih konstektual dan mudah dipahami.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini, yaitu 1) mendiskripsikan produk pengembangan multimedia interaktif berbasis Game Quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII, 2) mendiskripsikan hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis Game Quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII, 3) mendiskripsikan hasil uji coba produk pengembangan multimedia interaktif berbasis Game Quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.
Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 4 tahap, yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek validasi terdiri dari ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, praktisi dan 20 peserta didik dari dua sekolah yang berbeda, yaitu SMP Negeri 24 Malang dan SMP Negeri 26 Malang sebagai pengguna/user. Untuk teknik analisis data diambil dari data kuantitatif dan data kualitatif. Secara umum hasil pengembangan ini berupa multimedia interaktif berbasis Game Quiz yang terdiri dari kompetensi (KI, KD, dan Indikator), peta konsep, beserta latihan soal interaktif, dan uji kompetensi. Pada bagian materi terdapat sub materi, yaitu balok, kubus, prisma, dan limas yang dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan data hasil validasi produk, penilaian produk oleh validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,07, penilaian produk oleh validator ahli media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,34, penilaian produk oleh validator ahli desain pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,21, penilaian produk oleh validator praktisi memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,90, dan penilaian produk oleh pengguna/user memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Game Quiz untuk mendukung kemandirian belajar peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII adalah valid dan praktis.
Saran pemanfaatan produk multimedia interaktif berbasis Game Quiz untuk pendidik, yaitu a) sebelum menggunakan produk hendaknya pendidik memastikan fasilitas yang akan digunakan lengkap, b) pendidik hendaknya menciptakan situasi pembelajaran yang mampu meransang peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika, dan c) perhatian khusus diberikan kepada peserta didik yang lemah. Sedangkan, saran pemanfaatan produk untuk peserta didik, yaitu a) peserta didik hendaknya membaca dan memahami petunjuk-petunjuk penggunaan multimedia interaktif berbasis Game Quiz sebelum menggunakan, b) penggunaan multimedia interaktif berbasis Game Quiz ini dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai sarana belajar mandiri di sekolah maupun di rumah, dan c) di samping mempelajari materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis Game Quiz, peserta didik hendaknya membaca materi bangun ruang sisi datar dari buku referensi lain, agar penguasaan materi tercapai secara maksimal.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Game Quiz, Materi Bangun Ruang Sisi Datar.