Pengaruh Personal Selling, Free Sampel Produk, dan Transaksi Cashback Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi (Studi pada anggota sebagai pelanggan pupuk di Koperasi Unit Desa Pakis Kabupaten Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling, free Sampel Produk, dan transaksi cashback terhadap loyalitas anggota koperasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Purposive Sampling, Jumlah sampel ada sebanyak 70 responden dengan bantuan alat software SPSS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) personal selling berpengaruh parsial dan signifikan terhadap loyalitas anggota yang menunjukkan nilai t hitung 5,375 > t tabel 1,997 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (2) free sampel produk berpengaruh parsial dan signifikan terhadap loyalitas anggota yang menunjukkan nilai t hitung -1,638 > t tabel dengan jumlah 1,997 dengan nilai signifikan 0,106 > 0,05. (3) transaksi cashback berpengaruh parsial dan signifikan terhadap loyalitas anggota yang menunjukkan nilai t hitung -2,193 > t tabel dengan jumlah 1,997 dengan nilai signifikan 0,032 < 0,05. (4) Secara simultan, personal selling, free Sampel Produk, dan transaksi cashback terhadap loyalitas anggota, menunjukkan nilai uji F dengan signifikansi 0,000<0,05 dan F hitung dengan jumlah 11,596 > F tabel dengan jumlah 2,76.
Kata Kunci: Personal Selling, Free Sampel Produk, Transaksi Cashback, Loyalitas Anggota