Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) Sebagai Dasar Perencanaan Strategi Perusahaan dalam Bersaing (Studi Kasus pada pt. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi pangsa pasar serta tingkat pertumbuhan usaha dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk tahun 2021, untuk mengetahui posisi portofolio PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul pada Matriks Boston Consulting Group (BCG) tahun 2021 serta merumuskan dan mendeskripsikan strategi pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk untuk mampu bersaing dengan industri farmasi yang lain berdasarkan Matriks Boston Consulting Group (BCG). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ialah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah matriks Boston Consulting Group (BCG) dengan melakukan perhitungan pada tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah karena menunjukan nilai kurang dari 1 yakni (0,153114893<1) namun memiliki tingkat pertumbuhan pasar yang cukup tinggi karena berada pada sumbu y diatas +20 persen yakni +20,6% maka posisi portofolio PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dalam Matriks Boston Consulting Group berada pada kuadran question marks (tanda tanya). Dengan demikian strategi yang dapat dirumuskan yakni penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan divestasi.
Kata Kunci: Matriks Boston Consulting Group (BCG), Perencanaan Strategi, Strategi Bersaing