Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua, dan Lingkungan Belajar Terhadap Kinerja Mahasiswa Selama Pandemi Covid 19
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif untuk menganalisis hubungan atau untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Kinerja Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Islam Malang jurusan Akuntansi dan Kepengurusan 2016 – 2019. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja siswa. Motivasi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja siswa. Semakin tinggi tingkat motivasi orang tua maka akan semakin mempengaruhi kinerja siswa. Semakin baik lingkungan belajar maka akan semakin mempengaruhi kinerja siswa. Koefisien determinasi R yang menunjukkan0,374 artinya 37 40% kinerja siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar, motivasi orang tua dan lingkungan belajar, sedangkan sisanya 62 60% kinerja siswa dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua, Lingkungan Belajar, Kinerja Siswa, Pandemi Covid 19