Pengaruh Kualitas Produk dan Experiential Marketing pada Konsumen E-Commerce Shopee, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Universitas Swasta di Kota Malang Pengguna Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Menggunakan metode analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,091 > 1,660 dan tingkat signifikan 0,003 < 0,05 variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji thitung < ttabel yaitu 1,354 < 1,660 dan tingkat signifikan 0,179 > 0,05 variabel experiential marketing secara parsial tidak berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian. Uji F terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara kualitas produk dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian, hasil ini ditunjukkan dengan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 23,830 > 3,09 dan Sig. F 0,000 < 0,05. Maka dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama–sama variabel kualitas produk dan experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: kualitas produk, experiential marketing dan keputusan pembelian