Respons BKPSDM Terhadap Kesalahan Entri Data ASN Melalui Simpeg di Kabupaten Malang
Abstract
BKPSDM Kabupaten Malang termasuk dalam perangkat daerah yang menjalankan pelayanan publik dalam bentuk pelayanan kepegawaian. Dalam melakukan kegiatan pelayanan, para penyedia pelayanan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan segala perkembangan yang ada. Pelayan publik dituntut untuk selalu mengutamakan kredibilitas agar dapat menjalankan pelayanan yang responsif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tanggap pelayan publik sebagai bentuk respons Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang terhadap permasalahan kesalahan entri data ASN. Serta mengetahui faktor yang mempengaruhi permasalahan kesalahan entri data ASN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons yang diberikan oleh BKPSDM Kabupaten Malang berdasarkan pengaduan, kecepatan, ketepatan, kecermatan, waktu, kontrak, dan respons pelayanan sudah baik. Bentuk respons BKPSDM Kabupaten Malang terhadap kesalahan entri data adalah dengan memberikan teguran kepada Perangkat Daerah terkait kesalahan entri data yang terjadi, memberikan pelayanan terhadap ASN yang membutuhkan pelayanan dan juga ASN yang melakukan pengaduan dengan cara memberi tindakan langsung di kantor BKPSDM Kabupaten Malang. Serta diperlukan peningkatan manajemen kepegawaian admin Simpeg Perangkat Daerah sehingga dapat meminimalisir kesalahan entri data ASN di BKPSDM Kabupaten Malang.
Kata Kunci : Respons BKPSDM Kabupaten Malang, Sistem informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), Kesalahan Entri Data.