Pengaruh Harga dan Motivasi Investasi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Emas Logam Mulia ( Studi pada Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2019-2020)
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena investasi emas logam mulia yang semakin berkembang di masyarakat. Pada penelitian ini tertuju pada generasi muda khususnya mahasiswa. Harga dan Motivasi Investasi sebagai elemen utama untuk mengungkap seberapa besar pengaruhnya terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Emas Logam Mulia yang terjadi pada mahasiswa. Pertimbangan Harga dan Motivasi Investasi yang kuat untuk memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang harus ada dari diri mahasiswa dalam kegiatan berinvestasi.
Hasil dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Motivasi Investasi terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Emas Logam Mulia. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah pembagian kuesioner, wawancara dan observasi. Jumlah sampel yang digunakan 80 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling.
Berdasarkan hasil Uji Parsial menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap variabel Pengambilan keputusan investasi emas logam mulia dan variabel Motivasi Investasi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Pengambilan Keputusan Investasi Emas Logam Mulia. Berdasarkan Uji Simultan variabel Harga dan Motivasi Investasi berpengaruh bersama-sama secara simultan terhadap variabel Pengambilan Keputusan Investasi Emas Logam Mulia.
Kata Kunci : Harga, Motivasi Investasi, dan Keputusan Investasi.