Implementasi Strategi Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji(Studi Kasus Pada Bank Muamalat KC Malang)
Abstract
Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di Bank Muamalat Kantor Cabang Malang, yang beralamat di Jl. Kertanegara No. 2 Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, jawa Timur 65116. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan waktu. Penelitian ini dilakukan atas dasar terjadinya fenomena fluktuasi terhadap jumlah nasabah tabungan haji disetiap tahunnya yang seharusnya mengalami peningkatan jumlah nasabah secara signifikan melalui strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Bank Muamalat Kantor Cabang Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dua tahun kedepan Bank Muamalat masih mengalami fkuktuasi jumlah nasabah yang hal ini disebabkan oleh beberapa keunggulan yang dimiliki kompetitor. Bank Muamalat lebih konsisten lagi dalam melakukan pengembangan produk tabungan haji, mempersingkat waktu dalam proses pembukaan tabungan haji, melakukan inovasi produk yang murni berasal dari Bank Muamalat Indonesia sendiri tanpa meniru dari kompetitor.