Pengaruh Pengendalian Diri, Self Confidence, Motivasi, dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri, self confidence, motivasi, dan minat belajar secara simultan maupun parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2019 dari dua perguruan tinggi negeri dan swasta di Malang yaitu Universitas Islam Malang dan Universitas Brawijaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah survei, yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 220 responden yang ditentukan sebagai sampel. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda, dan uji yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pengendalian diri, kepercayaan diri, motivasi dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara parsial pengendalian diri, kepercayaan diri, motivasi dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata Kunci: Pengendalian diri, Self confidence, Motivasi, Minat belajar. dan
Tingkat Pemahaman Akuntansi.