Efektivitas Program Pelayanan Online Administrasi Kependudukan (Poedak) dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik)
Abstract
Inovasi program aplikasi Poedak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik merupakan salah satu inovasi dalam peningkatan pelayanan publik. Aplikasi Poedak adalah suatu program aplikasi yang digunakan untuk pelayanan kependudukan dengan berbasis online. Aplikasi Poedak sudah dilaksanakan dari tahun 2020. Penelitian ini menggambarkan seberapa efektif program aplikasi Poedak yang dijalankan selama ini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan cara menggambarkan fenomena atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Fokus penelitian berkaitan dengan efektivitas program aplikasi Poedak dengan menggunakan teori Budiani (sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program) serta pelaksanaan pelayanan dengan menggunakan aplikasi termasuk faktor penghambat dan pendukungnya. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara, pengumpulan dokumen, dan materi dokumentasi visual. Peneliti menggunakan Teknik analisis data berupa mengolah data mentah, Menyusun dan mempersiapkan data untuk dianalisis, penyajian deskripsi, dan interprestasi. Serta teknik validasi data dengan menggunakan triangulasi data, waktu yang lama, dan pemeriksaan oleh sesama peneliti.
Hasil yang diperoleh pada penelitian menunjukkan bahwa program aplikasi Poedak berjalan cukup efektif berdasarkan indikator yang digunakan peneliti. Namun, terdapat beberapa pencapaian yang belum maksimal. Ada beberapa poin yang dilakukan, ditemukan beberapa saran yang dapat peneliti berikan yakni dengan lebih mengoptimalisasikan sosialisasi program aplikasi Poedak kepada masyarakat, menambahkan informasi pada website resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik tentang program aplikasi Poedak, dan memperjelas prosedur serta aturan administrasi terkait dengan pemberkasan pelayanan secara online.
Kata Kunci : Efektivitas, E-Gov, Pelayanan Publik