Efektivitas Penggunaan E-Government pada Pelayanan Berbasis Hybrid di Kementerian Agama Kota Batu
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas program aplikasi Pelesir ke Batu di Kementerian Agama Kota Batu. Adanya aplikasi ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. Melalui program aplikasi Pelesir ke Batu, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun fokus pada penelitian ini yaitu efektivitas penggunaan e-government (aplikasi Pelesir ke Batu) dalam meningkatkan pelayanan publik dengan menggunakan teori dari Budiani yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-government (aplikasi Pelesir ke Batu) sudah efektif. Dari empat indikator pengukuran hanya satu yang belum maksimal dalam pelaksanaannya. Indikator yang belum maksimal yaitu pemantauan program.
Berdasarkan temuan penelitian, peneliti memiliki saran yaitu meningkatkan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi Pelesir ke Batu dan melakukan pemauntaun lebih dalam terhadap aplikasi Pelesir ke Batu. Selain itu, memberikan informasi tentang aplikasi Pelesir ke Batu pada website resmi Kementerian Agama Kota Batu supaya dapat dikatahui masyarakat.
Kata Kunci: Efektivitas, E-Government, Pelayanan Publik