Strategi Pembelajaran Sastra pada Siswa Disleksia di Sekolah Inklusi SDN Kelas 4 Kebonsari 2 Kota Malang
Abstract
Strategi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dibuat dan
dilaksanakan demi mencapai suatu tujuan tertentu. Siswa disleksia merupakan
siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Strategi yang
digunakan guru dalam proses pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat
penting untuk dapat menangani kurangnya kemampuan yang dimiliki oleh siswa
disleksia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mendiskripsikan rancangan
guru dalam memilih strategi pembelajaran sastra pada siswa disleksia,
Mendiskripsikan strategi yang digunakan guru dalam memilih pembelajaran sastra
pada siswa disleksia
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.
Subjek penelitian adalah guru kelas dan guru pendamping khusus. Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru di sekolah membuat
perencanaan jangka pendek (short range planning) Perencanaan yang dibuat oleh
guru yaitu berupa didalamnya strategi, metode dan media pembelajaran. (2) pada
proses strategi pembelajaran sastra yang digunakan guru dalam menangani siswa
kesulitan belajar disleksi yaitu dengan cara pembelajaran kontektual, kooperatif,
dan active learning. Starategi tersebut digunakan agar pembelajaran dikelas
menjadi menyenangkan.