View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Dissertations
  • DT - Multicultural Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pendidikan Agama Islam Multikultural Berbasis Tasawuf (Kajian Fenomenologis pada Seninan dan Selosoan di Pondok Pesantren Ngalah)

Thumbnail
View/Open
TERPISAH_S3_DMPI_21603011022_USWATUN CHASANAH.pdf (2.337Mb)
Date
2020-03-29
Author
Chasanah, Uswatun
Metadata
Show full item record
Abstract
Islam hadir memberikan petunjuk bagi umat manusia, karena ajarannya penuh dengan nilai dan norma yang menerangi jalan menuju kebahagiaan sejati dunia akhirat, akan tetapi nilai dan norma yang terkandung di dalamnya tidak serta merta dapat diraih tanpa proses pembelajaran yang tepat, efektif dan efisien, mempertimbangkan dimensi, hakikat dan tujuan penciptaan manusia secara keseluruhan. Penelitian ini berkenaan dengan fenomena pendidikan Islam multikultur yang dipandang sebagai salah satu alternatif model pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai islam yang komprehensif pada peserta didik dalam konteks keindonesiaan dengan tingkat heterogenitasnya yang tinggi. Fokus utama penelitian ini didasarkan pada fenomena keagamaan pada Seninan dan Selosoan yang dilaksanakanakan di Pesantren Ngalah, yaitu tentang:1) nilai-nilai islam multikultural apa saja yang diajarkan pada Seninan dan Selosoan, 2) bagaimanakah proses pembelajaran pendidikan agama Islam multikultural yang didasarkan pada nilai-nilai pendidikan pada Seninan dan Selosoan, dan 3) bagaimanakah model pendidikan agama islam multikultural yang diajarkan pada Seninan dan Selosoan dalam pengembangan sikap multikultural. Untuk mendapatkan gambaran alamiah dari penelitian, dilakukan dengan mengacu kepada tradisi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang digunakan untuk memahami esensi dari rentetan peristiwa yang melibatkan pengalaman orang yang benarbenar mengalami fenomena. Pendekatan fenomenologis dikehendaki karena memungkinkan dan membuka peluang bagi peneliti untuk mengkaji praktik pendidikan secara mendalam, menyeluruh, Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sumber data dipilih dengan menggunakan snowball sampling dan purposif sampling, dan analisis data menggunakan analisis fenomenologis Creswell. Dari kajian lapangan diperoleh temuan: Pertama, nilai yang diajarkan pada Seninan dan Selosoan bersumber dari eksistensi pendidik yang diaktualisasikan secara tekstual dan kontekstual yang menghasilkan: nilai keimanan dan ketakwaan, keikhlasan, kedamaian, kesabaran, kesederhanaan, kasihsayang,kebersamaan,kekeluargaan, keseimbangan, empati dan cinta tanah air. Kedua proses pembelajaran dilakukan dengan dua modus:1) pendidikan islam multikutural dengan pendekatan tasawuf, tercermin dari pengamalan berbagai macam ibadah ritual sebagai upaya membina rohani dan jasmani, 2) pendidikan agama berwawasan multikultural, yang terintegrasi dalam tausiyah sebagai upaya mengembangkan sikap multikultural. Ketiga, model pendidikan agama islam multikultural yang diajarkan pada Seninan dan Selosoan dalam mengembangkan sikap multikultural menggunakan model pendekatan transformatif transendental sebagai upaya mengamalkan islam iman dan ihsan. Sebagai wujud tugas dan tanggung-jawab manusia sebagai hamba dan khalifatullah, beriman, bertakwa, memiliki keseimbangan (ritual dan sosial), rohani dan jasmani, bersikap multikulturalis dan mengantarkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Hasil penelitian ini memiliki simpulan teoritik sebagai pengembangan kurikulum pendidikan islam, dapat diimplementasikan di semua lingkungan pendidikan, sederhana, efektif, dan efisien dalam mencapai tujuan menanamkan iman dan takwa, membina rohani dan jasmani, salih ritual dan sosial serta bersikap multikulturalis wujud konsep dhahiruhu syariatun wa batinuhu hakikatun dan implikasi praktis untuk memuluskan gerakan revolusi mental yqng digaungkan pemerintah melalui gerakan revolusi spiritual.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/727
Collections
  • DT - Multicultural Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group