Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan, dan Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)
Abstract
Banyak perusahaan yang berkembang, disaat itu pula kesenjangan serta kerusakan lingkungan terjadi, sehingga muncul kesadaran perusahaan untuk mengurangi akibat negatif tersebut. Perusahaan yang telah menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan pada pihak-pihak berkepentingan. Pentingnya perusahaan menerapkan Corporate Social Responsibility untuk meningkatkan citra perusahaan, memenuhi ekspektasi masyarakat, mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain, dan menarik para investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan, 2). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan, dan 3). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap manajemen laba. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 210 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, dengan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas serta uji simultan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Dengan menggunakan alat statistik SPSS, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, 3) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan,
Manajemen Laba.