Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Konsumen UMKM Cahaya Plastik)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode probability sampling, dengan teknik simple random sampling dengan sampel sebanyak 100 responden, analisis dengan menggunakan alat software SPSS 26. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai uji t hitung > t tabel (2,269>1,984) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,026<0,05). (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai uji t hitung > t tabel (6,148>1,984) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,000<0,05). (3) Keragaman Produk berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai uji t hitung > t tabel (6,04>1,984) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,000<0,05). (4) secara simultan Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keragaman Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung > F table (66.251 > 2.70) dan nilai Sig F < 0,05 (0.000 < 0,05).
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian.