Pengaruh E-Commerce dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Generasi Z di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada generasi Z di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang) Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa data yang dapat diperoleh dari responden secara langsung dilokasi penelitian. Berdasarkan masalah dalam penelitian ini, data diperoleh langsung dari responden dengan memberikan kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang variabel-variabel yang diteliti. Metode pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan menggunakan random sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak orang dan didapatkan sampel sebanyak 100 orang, serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji ta secara parsial variabel e-commerce berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai thitung dibandingkan ttabel didapat 4,123 yang berarti nilai thitung 4,123 > 1,985 tingkat signifikan yang didapat sebesar 0,000 < 0,05. Variabel e-word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang di buktikan dengan nilai thitung dibandingkan ttabel didapat 3,385 > t1,985, tingkat signifikan yang didapat sebesar 0,001 < 0,05. Hasil uji F pada penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan e-commerce dan e-word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dengan nilai Fhitung dibandingkan Ftabel didapat 21,660 > 3,090 dan tingkat signifikan yang didapat sebesar 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : E-commerce, E-word of mouth, Keputusan pembelian.