View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Sina dan Al-Ghazali terhadap Konsep Pembelajaran di Abad 21

Thumbnail
View/Open
Publish (2.212Mb)
Fulltext (2.048Mb)
Date
2023-04-06
Author
Rahman, Hainor
Metadata
Show full item record
Abstract
Tinjauan terhadap optimalisasi pengembangan pendidikan Islam harus terus di akselerasi dengan merujuk terhadap pemikiran tokoh terdahulu yang kemudian di relevansikan dengan konteks dinamika zaman yang berkembang. Sehingga kualitas pengetahuan dan integritas anak didik semakin berkeadaban dan mengantarkan tingkat ketakwaan yang luhur kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran pendidikan Islam Ibnu Sina dan Al-Ghazali dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan yang dikorelasikan dengan metode pembelajaran di abad 21. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan (Library Research). Yang mengharuskan peneliti menampilkan argumentasi penalaran keilmuan yang memaparkan hasil olah pikir peneliti terdahulu mengenai masalah/topik kajian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan filosofis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah fakta, informasi atau keterangan yang merupakan bahan baku dalam sebuah penelitian terdahulu. Kesimpulan yang diperoleh bahwa mengarahkan kiblat sumber pengembangan pendidikan Islam kepada tokoh-tokoh muslim di abad 21 mengembalikan esensi kemurnian ajaran Islam yang bersumber langsung kepada Al-Quran, hadist dan ijma. Tujuan pendidikan Islam yang di inginkan dapat memberi rangsangan, memperjelas muara pendidikan dan membentuk sebuah nilai berkehidupan yang baik. Orientasi metode dari relevansi konsep pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Sina dan Al-Ghazali terhadap metode pembelajaran abad 21 adalah mengupayakan terciptanya anak didik yang berpikir kritis, kolaboratif dan komunikatif terhadap perkembangan teknologi informasi. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai pendidikan yang baik yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung dan media teknologi. Sedangkan faktor penghambat jika praktek kurikulum tidak mendahulukan capaian akhir pendidikan yang di inginkan. Selanjutnya solusi untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai pendidikan yang baik sesuai dengan prinsip ajaran Islam adalah kiblat pendidikan Islam yang tepat, merencanakan tujuan akhir dan metode pembelajaran yang mandiri, kritis, kolaboratif dan komunikatif terhadap perkembangan teknologi. Kata Kunci : Kreatif, Inovatif, Jiwa Pendidik, Cakap Belajar.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7543
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group