Pengaruh E-Wom, Ease Of Use, dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Studi pada Mahasiswa UMM dan UNISMA Pengguna Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-WOM, Ease of Use, dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa UMM dan UNISMA Pengguna Shopee). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel yaitu 100 responden dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel E-WOM, ease of use, dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dibuktikan dengan variabel E-WOM terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan nilai thitung 3,336 > ttabel 1,984. Variabel ease of use terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 3,990 > ttabel 1,984. Variabel trust terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,867 > ttabel 1,984. Dan variabel E-WOM, ease of use, dan trust terhadap keputusan pembelian menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai Fhitung 70,772 > Ftabel 2,70. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara simultan variabel E-WOM, ease of use, dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : E-WOM, Ease Of Use, Trust, Keputusan Pembelian