Kualitas Pelayanan Transportasi Publik di Jawa Timur (Studi Kasus: Pelayanan Transportasi Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan transportasi publik pada layanan transportasi Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo yang diberikan kepada masyarakat.
Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan dipilihnya jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif adalah bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata dari apa yang telah terjadi dilapangan secara jelas dan menyeluruh, kemudian mendeskripsikan secara jelas terkait dengan kualitas pelayanan tranportasi Bus Trans Jatim. Pada pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada teori kualitas pelayanan publik dari sinambela (2010:6) pada bukunya reformasi pelayanan publik: teori, kebijakan, dan implementasi. Yang mempunyai 6 (enam) elemen penting yaitu: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran transportasi Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik – Surabaya - Sidoarjo sebagai layanan transportasi publik sudah membuat masyarakat antusias dalam beralih menggunakan layanan Bus Trans Jatim. Karena pelayanan Bus Trans Jatim Koridor I Rute Gresik - Surabaya - Sidoarjo mempunyai kualitas pelayanan yang sangat baik dan berkualitas. Karena pemerintah selaku pemberi layanan juga memperhatikan aspek-aspek, hak, dan kewajiban dalam memberi layanan, dapat dipertanggungjawabkan secara peraturan perundang-undangan, menerima kritik dan saran masyarakat, serta mudah diakses oleh semua masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas transportasi publik yang disediakan.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Transportasi Publik, Bus Trans Jatim