Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam Pembuatan Akte Kelahiran di Kota Bima (NTB) Nusa Tenggara Barat
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan unsur yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Adapun dimensi pokok dalam kualitas pelayanan antara lain adalah dimensi tangibles (berwujud), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiviness (ketanggapan), dimensi assurance (jaminan) dan dimensi emphaty (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan akta kelahiran, faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan pembuatan akta kelahira.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. paten kota Bima sebagian besar sudah memenuhi indikator dimensi kualitas pelayanan publik. Tetapi terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi sehingga menjadi penghambat dalam proses pelayanan akta kelahiran di Kota Bima. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, antara lain faktor pendukung internal yaitu jaringan komputer lancar dan kerjasama antara sesama petugas maupun antara petugas dengan masyarakat. Faktor pendukung eksternal yaitu dasar hukum jelas. Sedangkan faktor penghambat internal meliputi kurangnya sarana dan prasarana dan kurangnya sumber daya manusia. Dan faktor penghambat eksternal adalah letak geografis dan kurangnya kesadaran masyarakat.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran