View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam Pembuatan Akte Kelahiran di Kota Bima (NTB) Nusa Tenggara Barat

Thumbnail
View/Open
Publish (1.311Mb)
Fulltext (3.088Mb)
Date
2023-05-09
Author
Islamiati, Dea
Metadata
Show full item record
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan unsur yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Adapun dimensi pokok dalam kualitas pelayanan antara lain adalah dimensi tangibles (berwujud), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiviness (ketanggapan), dimensi assurance (jaminan) dan dimensi emphaty (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan akta kelahiran, faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan pembuatan akta kelahira. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. paten kota Bima sebagian besar sudah memenuhi indikator dimensi kualitas pelayanan publik. Tetapi terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi sehingga menjadi penghambat dalam proses pelayanan akta kelahiran di Kota Bima. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, antara lain faktor pendukung internal yaitu jaringan komputer lancar dan kerjasama antara sesama petugas maupun antara petugas dengan masyarakat. Faktor pendukung eksternal yaitu dasar hukum jelas. Sedangkan faktor penghambat internal meliputi kurangnya sarana dan prasarana dan kurangnya sumber daya manusia. Dan faktor penghambat eksternal adalah letak geografis dan kurangnya kesadaran masyarakat. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7630
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group