Implementasi Program Imtaq dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMA Negeri 4 Malang
Abstract
Program Imtaq hadir sebagai salah satu program yang ditujukan untuk mendukung tujuan Pendidikan Agama Islam, yaitu menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT, termasuk dalam hal pembentukan karakter, utamanya karakter religius. Imtaq merupakan singkatan dari Iman dan Taqwa. Program Imtaq adalah kegiatan yang diterapkan di sekolah yang dinilai mampu membantu dan mendukung para siswa dalam menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam hingga sampai pada terbentuknya karakter religius siswa. Peneliti menemukan sekolah yang menerapkan program Imtaq sebagai salah satu upaya pembentukan karakter religius siswa yaitu SMA Negeri 4 Malang.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti menentukan fokus penelitian, yakni tentang perencanaan program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Malang, pelaksanaan program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Malang, dan hasil dari program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Malang, pelaksanaan program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Malang, dan hasil dari program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya melalui langkah-langkah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (penyimpulan data). Untuk pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perencaanaan program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa melalui tahapan-tahapan, yaitu Menetapkan program, menentukan indikator keberhasilan program, menentukan penanggung jawab program, menyusun materi dan jadwal kegiatan. Kemudian dalam pelaksanaannya, program Imtaq di SMA Negeri 4 Malang, masing-masing program Imtaq memiliki prosedur dan jadwal yang berbeda-beda. Bentuk-bentuk program Imtaq yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Malang yaitu Stetsa Tahfidz Qur’an (STQ). 2) Monitoring shalat. 3) Khataman Al-Qur’an 30 juz. 4) Hafalan surah pendek. 5) Literasi Al-Qur’an. 6) Literasi Jum’at. 7) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Hasilnya siswa memiliki karakter religius yang baik, seperti sikap disiplin beribadah, sopan santun dan saling menghormati.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana lembaga sekolah dengan segenap koordinator dan tim Imtaq agar dapat meningkatkan dan mengembangkan dalam hal pelaksanaan program Imtaq dalam pembentukan karakter religius siswa agar lebih sesuai dengan target dan tujuan. Dan bagi siswa hendaknya lebih rajin, semangat dan bersungguh-sungguh dalam partisipasinya mengikuti program Imtaq agar dapat senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, dan terbentuk karakter religius untuk diterapkan tidak hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Kata Kunci: Impelementasi, Program Imtaq, Karakter Religius