Pengaruh Persepsi Sosiologi Kritis, Kecerdasan Dan Mentalitas Terhadap Pemahaman Pendidikan Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman
Pendidikan akuntansi pada mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis.
Dalam penelitian ini, variable yang di gunakan untuk mengetahui pengaruh
pemahaman Akuntansi adalah dengan menggunakan persepsi sosiologi kritis,
kecerdasan dan mentalitas. Berdasarkan data yang di peroleh dari universitas islam
malang, universitas merdeka malang dan universitas negeri malang, terdapat 89
jumlah mahasiswa akuntansi yang sesuai dengan kriteria atau memenuhi kualifikasi
sebagai sampel penelitian. Kemudian di dalam menentukan sampel ini, peneliti
menggunakan metode purposive sampling yakni penentuan sampel dengan kriteria
kriteria tertentu. Adapun Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan analisis
regresi linier berganda yakni dengan data penelitian yang berbentuk panel. Dari
penelitian ini menghasilkan bahwa, variabel sosiologi kritis berpenaruh terhadap
pemahaman Pendidikan akuntansi, pada variabel kecerdasan juga berpengaruh pada
pemehaman Pendidikan akuntansi dan pada variabel mentalitas menunjukan hasil
yang tidak berpengaruh terhadap pemahaman Pendidikan akuntansi. Serta pada
pengaruhnya secara simultan atau Bersama-sama, ketiga variable ini menunjukan
hasil bahwa persepsi sosiologi kritis kecerdasan dan mentalitas berpengaruh
terhadap pemahaman Pendidikan akuntansi.